8 Tips Mengembangkan Usaha Anda di Pasar Online

Kembali lagi di blog saya, tifkom.net. Saya Ronaldi Tumanggor, kali akan kembali membagikan tips yang saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi, seiring dengan saya merintis beberapa usaha yang lebih fokus ke usaha bidang teknologi informasi.
Jadi saya juga bisa dibilang juga pelaku UKM (Usaha Kecil & Menengah) karena saya sedang merintis.
Nah, tips yang akan saya bagikan adalah bagaimana mengembangkan pasar digital atau pasar online untuk usaha Anda.

Mengapa pasar digital?

Sedikit bercerita, bahwa sejak dari 2015 saya tidak pernah berpikiran pun untuk membangun usaha konvensional dengan strategi pemasaran offline.
Alasannya, karena pasar digital sudah jauh lebih besar seiring dengan tingginya angka pengguna internet, dan gaya berbelanja masyarakat umumnya juga berubah.
Berikut adalah faktanya:
  • Pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta (lebih dari 50%) dari 262 jumlah penduduk Indonesia (Hootsuite, 2018).
  • Peluang UMKM ke pasar digital semakin terbuka lebar, pasalnya laporan dari We Are Social dalam sebulan pada 2017 ada 41% dari jumlah penduduk Indonesia yang berbelanja secara online.
  • Selaras dengan itu, pemerintah menargetkan 8 juta UMKM di Indonesia Go Online pada 2019 (kominfo.go.id, 2017).

Maka jelas, jika mau membangun usaha, pasar digital adalah target pasar yang utama.
Jadi saya mau sharing tips – tips untuk mengembangkan usaha Anda di pasar digital #EcoDigi, silahkan di simak ya.

1. Harus punya media sosial

Anda harus tahu bahwa dari 132,7 juta pengguna internet yang dijelaskan di atas, ada 130 juta yang aktif di sosial media, dan ini menjadi target pasar yang sangat besar. 
Jadi tidak ada pilihan lain, Anda harus punya media sosial, baik itu Facebook, Instagram atau media sosial yang lainnya yang lebih cocok dengan ide bisnis Anda.

2. Update & Kembangkan media sosial

Punya media media, jangan didiamkan begitu saja. Jika hanya sebuah nama dan tidak ada interaksi berarti sama saja tidak ada gunanya. 
Jadi Anda perlu sering untuk meng-update informasi di  media sosial Anda, menambah follower dan lakukan interaksi yang aktif antara Anda dan follower media sosial Anda.

3. Punya Website atau Aplikasi

Salah satu kelemahan belanja online adalah masih banyak masyarakat Indonesia yang ragu melakukan transaksi, seperti takut terhadap penipuan.
Mempunyai website atau aplikasi menjadikan usaha Anda lebih profesional sehingga meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli

4. Promo & Diskon



Apa yang paling menarik dan diinginkan oleh pembeli saat berbelanja? 
Jawabannya adalah promo dan diskon. Terkadang bagi sebagian orang tidak ada niat membeli sebelumnya, tapi karena melihat lagi ada promo atau ada diskon, timbul keinginan untuk membelinya barang Anda. 
Jadi pastikan mengadakan promo atau diskon dalam periode – periode tertentu.
Baca: 

5. Suka berbagi konten informasi dan edukasi

Selain berjualan, kasih promo atau diskon. Anda perlu melakukan sharing informasi dan edukasi seputar tips – tips yang sesuai tema usaha Anda

Mengapa?
Alasannya agarpengunjung tidak merasa sia – sia mengunjungi website, media sosial. Jadi jika mereka tidak jadi melakukan pembelian, setidaknya mereka mendapat info penting atau ilmu yang bermanfaat.

6. Menjadi penjual yang ramah

Ini berlaku untuk semua pelaku usaha. Di mana penjual itu harus selalu tampak ramah melayani pelanggan atau customer. 
Jadi di pasar digital juga begitu, kita juga harus menunjukkan sikap ramah, menjawab pertanyaan dari calon pembeli dengan sabar walaupun kadang pertanyaannya banyak dan bertele – tele.

7. Rating & Testimoni itu perlu


Rating & testimoni sesuatu yang sangat penting untuk usaha anda di pasar digital. Pasalnya kedua hal ini akan yang meningkatkan kepercayaan pembeli untuk semakin yakin kepada Anda. 
Cara untuk mendapatkan rating dan testimoni yang bagus adalah utamakan pelayanan yang bagus. Jika layanan anda bagus, rating dari customer pasti tinggi. Kemudian mintalah testimoni kepada pembeli yang sudah berhasil melakukan transaksi ke toko atau usaha Anda.

8. Sukses Story

Hal yang terakhir yang saya bagikan adalah ketika Anda punya pencapaian sukses terhadap usaha anda, jangan lupa membagikannya agar para pembaca juga termotivasi dan semakin yakin dengan usaha Anda. 

Nah, begitulah 8 tips yang saya bagikan agar Anda bisa mengembangkan usaha Anda di pasar online / digital. Inti dari semua ini adalah, kita harus bisa memiliki pasar yang luas dan dari pasar yang luas tersebut kita mendapat penawaran yang tinggi dari para pembeli.

Sekian dulu tips dari saya, jika teman – teman punya tips lain, boleh diberikan di kolom komentar ya.
Semoga tips ini bermanfaat dan usaha Anda makin ramai order-nya.

Sampai jumpa di artikel – artikel bermanfaat lainnya. #salamSuper #UKMGoDigital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *