Belajar Konsep Dasar Pemrograman Java

Bahasa pemrograman  Java pada saat ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling popular di dunia. Dilansir dari PYPL PopularitY of Programming Language pada bulan September 2016, Java menduduki peringkat 1 bahasa pemrograman terpopuler di dunia.
Maka kali ini, penulis akan berbagi pengetahuan umum tentang bahasa pemrograman Java, yaitu seputar konsep dasar pemrograman Java.
belajar bahasa pemrograman java
Java adalah sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi, sebuah bahasa pemrograman modern yang diciptakan oleh Sun Microsystems, dan sekarang diakuisisi oleh Oracle
Bahasa Java merupakan platform yang independen, yang berarti kamu hanya butuh menuliskan program sekali saja namun bisa dijalankan pada banyak platform yang berbeda. Bahkan Java memiliki slogan yaitu: “Tulis sekali, jalankan di mana pun”.
Bahasa ini bersifat portabel, kuat dan dinamis dengan kemampuannya untuk mencocokkan terhadap tipe yang dibutuhkan oleh aplikasi.
Lebih dari 3 miliar device menjalankan Java. Java biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi Android, aplikasi desktop, seperti 
media player
program antivirus
aplikasi web
aplikasi perusahaan seperti perbankan dan masih banyak lagi.
Siklus Pengembangan 
Dasar proses pengembangan dari program Java dijelaskan pada tahap – tahap berikut:
Lakukan desain untuk aplikasi yang ingin dibangun.
Tuliskan sourcode-nya
Melakukan percobaan terhadap program dan 
Memperbaiki kesalahan (error)
Pada bahasa pemrograman Java, sourcecodenya akan mempunyai ekstensi file .jar. Setelah melakukan percobaan dan memperbaiki kesalahan, kita telah siap untuk mendristribusikan aplikasi kita ke pengguna. 
Biasanya, kebanyakan aplilkasi java disebarkan menggunakan sebuah file arsip Java, dengan ekstensi .jar.
Kelebihan dan Kekurangan
Berikut akan dijelaskan poin- poin kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman Java. Yaitu:
Kelebihan
  1. Multiplatform. Kelebihan utama Java dapat dijalankan di beberapa platform/sistem operasi. Sehingga Java dapat dikerjakan di sistem operasi Linux tetapi dapat dijalankan di os Windows, Linux, Mac dan sistem operasi lainnya.
  2. Bersifat OOP (Object Oriented Programming – Pemrograman Berorientasi Objek)
  3. Perpustakaan kelas yang lengkap, artinya banyak library yang dimuat dalam pemrograman Java, sehingga memudahkan programmer dalam membangun aplikasi 
  4. Memiliki sifat C++, artinya Java memiliki kemiripan dengan C++ sehingga pengguna C++ mudah memahami bahasa pemrograman Java.
Kelemahan:
  1. Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform yang satu dengan platform lain.
  2. Mudah didekompilasi, artinya kode yang sudah jadi mudah dibalikkan ke kode sumber. Hal ini akan mengakibatkan algoritma yang digunakan oleh program akan sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
  3. Banyak menggunakan memori.
Memulai  Pemrograman Java
konsep dasar pemrograman java

Untuk membuat program Java, Anda membutuhkan JDK. JDK adalah singkatan dari Java Development Kit. Dalam Penggunaanya perlu penyesuaian dengna sistem operasi yang kita gunakan. 
Pada sistem operasi Windows misalnya, JDK biasanya langsung terinstal di direktori C:/Program Files/Java. Biasanya kita hanya perlu melakukan updater versi java agar selalu support dengan aplikasi yang kita bangun.
Urutan langkah – langkah yang harus dilkaukan untuk membuat program Java adalah:
  1. Membuat sourcode program di software, bisa menggunakan Eclipse, NetBean atau text editor lainnya. Java merupakan bahasa pemrograman yang case sensitive.
  2. Mengkompile sourcecode dengan perintah javac. Misalnya: javac HelloWord.java. Jika sukses, hasilnya merupakan file bytecode dengan ekstensi .class
  3. Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh: java HelloWord.
Contoh Program Sederhana
Berikut kode sederhana untuk: HelloWord.java
public class HelloWord
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println(“Hello World?”);
}
}
Setelah program itu selesai, silahkan di run maka akan muncul output:
Hello World?
Itulah konsep dasar pemrograman Java, yang saya jelaskan dimulai dari sejarah singkat, tingkat kepopulerannya, kelebihan dan kekurangan, cara pembuatan program dan contoh programnya. Semoga dapat bermanfaat, terkhusus kepada teman – teman yang yang tertarik untuk belajar bahasa pemrograman Java.

15 thoughts on “Belajar Konsep Dasar Pemrograman Java

  1. mas ronaldi lokasi dimana skrg?
    kontennya oke nih buat java beginners yg
    semester 1 ataupun yg baru migrate

    daripada training kantoran java pemrograman…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *