6 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Membangun Blog yang Berkualitas

Sebenarnya apa sih yang menjadi tujuan kamu membuat sebuah Blog? Tentunya sebagian besar adalah untuk menghasilkan uang, meskipun ada beberapa memang karena ketertarikan dalam dunia menulis dan ingin berbagi kepada teman – teman di internet.

Apa yang harus dilakukan agar dapat menghasilkan uang dari blog?

Agar dapat menghasilkan uang dari blog hanya ada 1 kuncinya, yaitu kamu harus mendapatkan viewer blog yang tinggi setiap harinya. Dengan viewer yang tinggi, maka kamu akan dapat melakukan apa saja di blog, jika jadi publisher iklan pasti banyak yang klik, atau mau berjualan, berbisnis afiliasi sangat – sangat mungkin dilakukan jika memang viewer tinggi.

Baca: Menarik: Jadikan Blog Anda untuk Investasi Jangka Panjang

Menciptakan viewer blog yang tinggi juga bisa dibilang bukan pekerjaan yang mudah. Pasalnya blog yang kamu bangun harus benar – benar berkualitas.

Seperti apa blog berkualitas tersebut?

membangun blog yang berkualitas

Ya, jadi artikel ini akan menjelaskan kepada teman – teman semua bagaimana membuat blog yang berkualitas. Mari ikuti ulasannya.

1.Ditinjau dari konten blog

Blog yang berkualitas adalah blog yang kaya informasi, menarik untuk dibaca dan memiliki konten yang bermanfaat.

membangun blog yang berkualitas

Jadi hal yang pertama harus ditentukan itu adalah konten blog yang ingin dibangun ini adalah dalam bidang apa, misalnya pendidikan, teknologi, kesehatan, tips and trik dan lain sebagainya.

Kemudian konten juga harus tetap eksis walau dalam jangka yang lama, intinya tahun 2016 hingga 2020 konten tersebut tetap bisa bermanfaat. Intinya hindari menulis konten seperti berbau berita, karena berita 1 – 3 hari saja bisa bertahan, selanjutnya sudah pada basi.

2.Ditinjau dari kecepatan akses

Blog harus memiliki loading yang cepat, karena kecepatan akses adalah kunci para pengunjung untuk tertarik membaca konten atau artikel yang ada pada blog.

Bisa saja artikel blog sudah kamu jamin menarik, isinya bagus namun jika hanya untuk membuka halaman artikel tersebut butuh 30 detik hingga 5 menit? Siapa yang mau baca? Ya, pasti tidak ada dong. Dipastikan orang akan meninggalkan blog kamu.

3.Ditinjau dari tampilan/interface

Blog yang menarik untuk dibaca pastinya juga harus memiliki tampilan menarik agar nyaman dipandang mata, harus di desain sebagus mungkin, seperti memiliki navigasi yang jelas dan tidak membingungkan, warna yang cocok untuk dilihat mata.

Tetapi seiring dengan tampilan yang lebih bagus biasanya akan membuat loading blog semakin lambat. Jadi buatlah tampilan yang elegan/menarik, tetapi tetap memperhatikan sisi kecepatan blog.

4.Buat alamat blog anda menjadi TLD

membangun blog yang berkualitas

Top Level Domain (TLD) adalah domain yang kamu tentukan sendiri, misalnya tifkom.net tanpa ada embel – embel yang lain, seperti blogspot.co.id atau wordpress.com.

Baca: 
Pilih Blogger atau WordPress?
4 Manfaat Membuat Domain TLD pada Website atau Blog

TLD biasanya berbayar sekitar 90 ribu sampai 250 ribu. Tetapi jika kamu sudah membuat alamat blog menjadi TLD, ini bukti keseriusan kamu ingin membangun sebuah blog yang berkualitas. Intinya orang tidak memandang blog kamu adalah sebuah blog yang murahan.

5.Ditinjau dari teknik penulisan

Teknik penulisan juga hal yang perlu diperhatikan, jadi langkah awal kamu harus menentukan siapa target pembaca blog kamu.

Penulisan boleh dilakukan jangan terlalu formal dan serius, karena akan membuat pembaca bosan, tetapi hindari juga menggunakan penulisan yang terlalu menggunakan bahasa pasar hingga bahasa – bahasa alay, bisa jadi blog kamu dianggap blog sampah.

Jadi buatlah penulisan yang santai, mudah dipahami dan terkadang ada isinya yang bercanda, ini lebih disukai oleh pembaca di internet.

Selanjutnya jangan membuat tulisan sama rata dari atas sampai bawah, buatlah 1 paragraf sekitar 2 – 3 baris.

6.Hindari typo

Setelah membaca banyak blog, masih sangat banyak blog yang tidak luput dari typo. Jika bisa, hindari typo hingga seminimal mungkin. Karena dengan banyaknya typo pada penulisan artikel kamu, sehingga memberikan pandangan kamu menulis terkesan tergesa – gesa dan tidak serius.

Inilah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menjadikan blog kamu menjadi blog yang berkualitas sehingga dapat mendatangkan pembaca yang banyak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan di-share kepada teman – teman Anda.

9 thoughts on “6 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Membangun Blog yang Berkualitas

  1. baru tahu menulis blog itu mesti jangan tergesa2 (typo).
    memang tergesa2 itu bikin tulisan dangkal. terimakasih atas pencerahannya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *