6 Hal yang Kamu Lakukan untuk Membuat Aplikasi Android

cara membauat aplikasi android

Semua pasti tahu bahwa android pada saat sekarang ini sangat “booming” sekali. Hampir semua kalangan dimulai dari siswa, mahasiswa, orangtua, pekerja, pebisnis, bahkan sampai tokoh agama mempunyai smartphone yang biasa OS-nya adalah android, (ios dan windows phone beda cerita ya) di sini kita membahas Android.

Nah, aplikasi yang kamu gunakan di android kamu sekarang ini tidak akan ada atau datang begitu saja. Tidak juga semua aplikasi itu diproduksi oleh perusahaan android, melainkan aplikasi android itu dibuat oleh perusahaan atau developer – developer aplikasi android.

Mereka memang mempunyai pekerjaan untuk membuat aplikasi android yang beragam tipe yang berbentuk aplikasi yang bermanfaaat atau juga game yang biasa kamu download dari PlayStore.

Tidak menutup kemungkinan teman – teman yang membaca artikel saya kali ini untuk menjadi android developer. Melihat dengan penghasilannya dari mereka yang menjadi android developer dengan aplikasi sederhana saja paling murah itu berkisar 2 jutaan. Nah, teman – teman pasti ngiler kan?

Baca: Peluang Besar Web Developer dan Android Programmer

Tetapi, untuk aplikasi android juga  tidak mudah lho, termasuk bagi kamu yang belum punya basic dibidang ini.

Nah, di sini saya akan menjelaskan apa yang harus teman – teman lakukan untuk dapat membuat aplikasi android

Apa saja yang harus kamu lakukan, yuk simak ulasan di bawah ini:

1. Menguasai bahasa pemrograman Java
Hal yang paling utama dan pertama itu adalah kamu harus menguasai bahasa pemrograman java. Setidaknya jika kamu tidak atau belum menguasai, paling tidak kamu mengerti Java.

Mengapa?
Karena aplikasi android itu dibangun dengan bahasa pemrograman Java, jadi udah tahu kan mengapa kamu harus belajar java dulu jika ingin menjadi android developer.

2. Instal program pembangun aplikasi android
Aplikasi android itu tidak dibangun begitu saja, tetapi dibangun melalui melalui sebuah softaware atau program. Kamu dapat menggunakan Android Studio atau Eclipse, perlu kamu ketahui kedua software ini sangat berat untuk dijalankan di komputer.
Jika kamu membuka softaware ini, maka siap – siap PC atau laptop kamu akan melambat..bat.bat.

3. Spek Minimal Komputer
Nah, kamu yang punya netbook saja jangan berharap deh untuk menjadi android developer.
Sedangkan yang punya laptop gede, tetapi hanya gede-nya saja mungkin tidak bisa menjalankan software android studio atau eclipse di atas tadi.

Untuk itu kamu harus puya komputer dengan processor minimal core i3 atau setaranya untuk processor merek lain dan RAM minimal 2 GB untuk aplikasi eclipse dan minimal 4GB untuk aplikasi Android Studio. Jadi jangan berharap deh dengan RAM 2GB kamu bisa menggunakan Android Studio, kecuali kamu siap menunggu dalam waktu yang lama, atau malah komputer yang jadi hank

Pilih Android Studio atau Eclipse?
Kalo saya ditanya jika kamu ingin serius menjadi android developer ya gunakanlah Android Studio, karena Android Studio adalah produksi dari Google sehingga sangat support terhadap google, selain itu strukturnya agak berbeda dengan eclipse (kata dosen kami)
Baca: 13 Langkah Mudah Menginstal Android Studio

4. Instal JDK dan JRE
JDK atau Java Development Kit adalah semacam kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk development. Jadi JDK diperlukan sebagai development dalam membuat aplikasi android yaitu mengkompilasi kode – kode java menjadi aplikasi yang berbasis java.

JRE atau Java Runtime Environment adalah mesin yang berfungsi menjalankan serangkaian kode – kode java yang dibangun menjadi aplikasi java.

5. Instal SDK Android
SDK android adalah sebagai library emulator untuk menjalankan aplikasi android pada komputer. Instal SDK android sesuai versi android yang ingin anda gunakan. Untuk instalasi anda perlu koneksi internet, karena SDK akan mencari library yang anda butuhkan sendiri dan dibutuhkan waktu yang lama dan kuota yang banyak. Jika perlu gunakan wifi dengan kecepatan yang tinggi.

Ukuran SDK bisa mencapai 50GB. Jika teman anda punya lebih baik anda minta daripada download yang bisa 1 malam lamanya.

Download Android Studio dan SDK di sini

6. Buat AVD
Setelah anda menginstal SDK android, maka juga dilengkapi AVD (Android Virtual Device) untuk menjalankan emulator android pada komputer anda, tetapi AVD ini masih kosong. Silahkan anda buat sendiri dengan ukuran layar android yang sesuai keinginan anda, dan tentukan versi android dimana anda ingin membangun aplikasi, apakah IceCream, JellyBean, KitKat, Lolipop, atau versi yang terbaru.

Setelah semua hal di atas anda lakukan, silahkan buka Android Studio atau Eclipse anda dan mulai membuat aplikasi android. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda. Selamat mencoba.

55 thoughts on “6 Hal yang Kamu Lakukan untuk Membuat Aplikasi Android

  1. mas kira-kira aplikasi berbasis android ini apabila dijadikan bahan Tugas Akhir untuk waktu yang lumayan singkat, dan belum mengerti apa-apa tentang java bisa gak yah mas?
    terimakasih

  2. emang klw mau coba blajar kudu butu spek laptop yg gmn mas,,ram nya kudu gede tah? emang spek minimum laptop nya harus brapa mas/?

    trimakasih,,,maaf masih awam

  3. menurut saya semua program bagus cuman ada plus minusnya saya suka dengan andoid studio juga eclipse, tapi saya lebih memilih basic4android, ringan dan cukup mudah di cerna, mungkin karna say dasarnya belajar VB, heheheheeh…… selamat belajar semua semoga sukses.

  4. mas tanya dunk,, buat ana yg punya laptop RAM 2,, buat sementara bisa bljar yg mana dulu y,, mau ganti laptop yg ram lbh baik masih nabung heee,, balas y mas

  5. Klo java SE dan netbean fungsinya untuk apa?, saya masih bingung nih, setiap berkunjung ke tiap2 web atau blog penjlasan agak beda,mohon pencerahannya, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *